Resep Membuat Ikan Bakar Praktis



Bismillah
.
Resep ikan bakar ini emang bener2 praktis dan cepat. Saya bikinnya tadi pagi, abis subuh udah digoreng dan direndem bumbu. Pas mau sarapan baru dibakar. Sarapan kok ikan bakar ya .... he he abis adanya ikan, masa sarapannya telor ceplok sama telor dadar terus 😀😁😊. Nemu resep ini sekalian deh praktekin. Hasilnya enaaaak. Cuma karena sarapan saya pakai sambal kecap aja pake cabe merah keriting, g bikin sambel ulek. Sambel kecapnya disiramin ke ikan. Resepnya dari bunda_didi , makasih ya Bund.
.
Resep Ikan Bakar Praktis
.
Bahan :
5 ekor ikan bawal ukuran sedang atau ikan lain (saya pakai 2 ekor ikan gurame ukuran tidak terlalu besar)
2 sdm kecap manis
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas memarkan
1/2 sdt gula merah
1 sdt kaldu bubuk (saya tidak pakai)
Garam sesuai selera
.
Bumbu halus :
6 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1 cm kunyit
3 butir kemiri
1/4 sdt merica butiran
.

 
Cara Membuat Ikan Bakar Praktis :
1. Cuci bersih ikan dan kerat agar bumbu meresap. Lumuri dengan garam. Diamkan 15 menit dan goreng 1/2 matang.
2. Haluskan semua bumbu halus, tumis hingga harum dan matang. Masukkan lengkuas, daun salam, gula merah, garam, dan kaldu bubuk. Aduk rata tambahkan air kurleb 50 ml, agar bumbu mengental dan tidak gosong, angkat dan tambahkan kecap manis.
3. Lumuri ikan dengan bumbu halus yang telah matang dan biarkan di kulkas minimal 1 jam (saya 2 jam).
4. Bakar ikan menggunakan, bara, teflon atau apa aja hingga matang (saya pakai teflon).
.
Alhamdulillah nikmat...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Membuat Ikan Bakar Praktis"

Posting Komentar